RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : III / 1
Materi Pokok : Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Waktu : 2 x 35 menit
Metode : Kooperatif dan Penugasan
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami penggolongan makhluk hidup dan ciri-cirinya
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
C.
Tujuan
Pembelajaran** :
o Mengidentifikasi
persamaan hewan dan
tumbuhan.
o Menggolongkan
hewan dan tumbuhan berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
&
Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian
( respect
), Tekun ( diligence ) , Tanggung
jawab
( responsibility
) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.
Materi
Essensial
Penggolongan
Hewan
o Penggolongan
hewan berdasarkan tempat hidupnya
o Penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya
o Penggolongan
hewan berdasarkan penutup tubuhnya
o Penggolongan
hewan berdasarkan jumlah kakinya
o Penggolongan
hewan berdasarkan cara geraknya
E.
Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas III
o
Poster atau gambar-gambar binatang
o
Kebun
sekolah
F.
Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
·
Memberi
salam dan berdoa
·
Motivasi
Ø
Menanyakan
kabar kepada semua siswa
Ø
Menceritakan
hal-hal ringan yang berhubungan dengan pelajaran yang akan diajarkan.
Ø
Memberikan
semangat untuk mencapai keberhasilan kepada siswa.
Ø
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai anak
berangkat ke sekolah.
Ø
Mendorong
siswa menjadi pembelajar yang mandiri.
·
Apresiasi
·
Mengulang
materi pertemuan sebelumnya dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Guru meminta siswa untuk mengamati dan
mendiskusikan tentang materi yang diberikan.
F Guru membagi siswa menjadi 7
kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang.
F Setiap
kelompok diberikan lembar kegiatan dan lembar kerja untuk mengamati hewan
berdasarkan tempat hidupnya, makanannya, dan penutup tubuhnya dilingkungan
sekitar sekolah (kebun sekolah).
F Guru memantau siswa secara
berkelompok menuliskan hasil pengamantannya dan mengarahkan kelompok yang
mengalami kesulitan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Setelah selesai mengamati, siswa masuk kelas dan
siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil pengalamannya.
F Setelah kegiatan kelompok dan pengamatan selesai,
siswa di tes secara individu dan hasil tes itu akan mempengaruhi skor
kelompok (kuis). Masing-masing siswa menyumbangkan skor untuk kelompok sesuai
dengan kemajuan yang dicapai dalam tes, dibandingkan dengan skor dasar yang
dimiliki siswa.
F Setelah
skor tes ditentukan dan skor kelompok sudah dihitung, maka guru memberikan
penghargaan bagi kelompok yang unggul.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
F
Guru mencatat dan melaporkan hasil evaluasi.
Nilai siswa ditentukan oleh nilai individ
u
yang diperoleh waktu kuis.
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa.
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
Dalam
kegiatan penutup
:
F Guru menyimpulkan hasil
pengamatan yang telah dilakukan.
F Guru membimbing siswa untuk
merangkum mata pelajaran yang baru saja dipelajari.
|
(50 menit)
|
(5 menit)
|
|
F
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menyebutkan
nama hewan sesuai dengan penggolongannya
o Menyebutkan ciri-ciri hewan
sesuai dengan penggolongannya
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan
Unjuk kerja
|
o Sebutkan nama hewan sesuai dengan
penggolongannya !
o Sebutkan ciri-ciri hewan sesuai
dengan penggolongannya !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar