Aku Pelangimu !!

Selasa, 12 Agustus 2014

Contoh Format Daftar Cek Masalah (DCM)



NAMA            : ....................................
KELAS           : ....................................

DAFTAR CEK MASALAH

PETUNJUK : Isilah dengan memberi tanda cek ( √ ) pada kolom  ya atau tidak dalam kolom jawaban yang sesuai dengan keadaan diri Anda.
NO
MASALAH
JAWABAN
YA
TIDAK
1
Kadang-kadang perasaan tidak enak karena badan terlalu kurus


2
Kadang-kadang perasaan tidak enak karena badan terlalu gemuk


3
Sering sakit


4
Mudah lelah


5
Sering sakit kepala/ pusing


6
Mengalami gangguan mata


7
Sering kurang nafsu makan


8
Merasa kurang tidur


9
Kerongkongan sering serak.


10
Kadang-kadang saya merasa malu dengan keadaan kulit saya


11
Kadang-kadang perasaan tidak enak karena badan terlalu pendek


12
Kadang-kadang perasaan tidak enak karena badan terlalu tinggi


13
Mengalami gangguan pada pendengaran


14
Mengalami gangguan dalam berbicara (misalnya gagap)


15
Suka alergi (demam, asma, gatal-gatal, kulit, dsb)


16
Keadaan gigi kurang memuaskan


17
Sering ingusan atau mengalami gangguan hidung


18
Suka merokok


19
Mengalami gangguan pada kaki


20
Keluarga saya sering mengeluh tentang masalah keuangan


21
Tampaknya saya harus berhenti sekolah dan mencari pekerjaan


22
Ingin mendapatkan pekerjaan sambilan yang dapat saya lakukan sekarang


23
Ingin bekerja pada waktu libur untuk mengatasi beban keuangan


24
Tempat tinggal terlalu jauh dari sekolah


25
Merasa canggung di rumah karena ada famili yang tinggal bersama kami


26
Di rumah tidak punya kamar sendiri


27
Merasa tidak betah tinggal di rumah


28
Kadang-kadang terpaksa meminjam uang kepada teman untuk memenuhi kebutuhan hidup


29
Sekarang saya bekerja demi mencukupi sebagian keperluan saya


30
Lambat berkenalan dengan orang lain


31
Canggung bila berhadapan dengan orang lain


32
Tidak diperbolehkan memakai kendaraan yang ada di rumah


33
Tidak diperbolehkan pergi kemana saja dengan teman yang saya sukai


34
Sangat jarang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh siswa (OSIS)


35
Tidak lancar bergaul dengan lawan jenis


36
Merasa kurang menarik bagi lawan jenis


37
Dilarang pacaran oleh orang tua


38
Tidak tahu bagaimana seharusnya bergaul dengan lawan jenis


39
Pernah mengalami kekecewaan dalam berpacaran


40
Tidak punya kawan akrab


41
Dalam menjalin persahabatan tidak bisa bertahan lama


42
Menyukai seseorang, tapi orang itu tidak menyukai saya


43
Saya bergaul dengan teman yang tidak disukai oleh keluarga saya


44
Takut ditinggalkan oleh kawan yang sangat saya sayangi


45
 Merasa suka dibicarakan (digosipkan) orang lain


46
Sering diperolok-olokan orang lain


47
Merasa ada suatu kelainan pada diri saya


48
Tidak bisa bergaul dengan orang lain secara lancar


49
Kadang-kadang merasa khawatir tentang kesan orang lain terhadap saya


50
Merasa mudah terpengaruh oleh orang lian


51
Merasa kurang pandai memimpin orang lain


52
Merasa diri sebagai orang penakut dan pemalu








NO
MASALAH
JAWABAN
YA
TIDAK
53
Merasa mudah tersinggung dan sakit hati


54
Merasa rendah diri atau malu tak menentu


55
Sering dikritik atau dikecam oleh orang tua


56
Saya sering disebut sombong oleh orang lain


57
Merasa tidak dianggap penting oleh orang lain


58
Kadang-kadang merasa kesepian dalam suasana yang ramai


59
Sekarang saya sedang tidak menyukai seseorang


60
Merasa mudah marah


61
Mudah gugup menghadapi suatu masalah


62
Merasa mudah tersinggung


63
Sering merasa khawatir pada sesuatu yang belum pasti (misalnya takut tidak bisa menjawab soal ulangan atau ujian)


64
Saya sering melamun memikirkan kesedihan


65
Merasa diri sebagai orang pelupa


66
Sering merasa malas untuk melakukan tugas dan kewajiban (misalnya malas belajar)


67
Merasa terlalu hati-hati sehingga takut membuat kesalahan


68
Mudah sedih dan menangis


69
Orang tua sering mengatakan bahwa saya bandel atau keras kepala


70
Merasa kurang percaya diri sehingga tidak berani tampil di depan umum


71
Terlalu banyak mengalami masalah pribadi


72
Pikiran suka terganggu ketika teringat masa kanak-kanak yang tidak bahagia


73
Ragu-ragu tentang hal-hal keagamaan yang diajarkan kepada saya


74
Ragu-ragu tentang beberapa ajaran agama saya


75
Sering tergoda untuk nyontek pada waktu ulangan


76
Mempunyai kebisaaan tertentu yang kurang baik


77
Merasa tidak mampu melawan kebisaaan yang kurang baik


78
Merasa terdorong untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak baik


79
Merasa dikejar-kejar perasaan bersalah/ berdosa


80
Orang tua kurang memahami saya


81
Di rumah saya diperlakukan seperti anak kecil


82
Mengalami kesulitan hidup karena tinggal dengan orang lain/ saudara


83
Kedua orang tua hidup bercerai (berpisah)


84
Ayah dan atau ibu kandung sudah meninggal


85
Tidak memperoleh kebahagiaan dari ayah dan ibu


86
Merasa seolah-olah saya tidak mempunyai rumah


87
Merasa sering diejek oleh orang lain


88
Orang tua saya bersikap pilih kasih


89
Punya masalah dengan ibu


90
Punya masalah dengan ayah


91
Sering bertengkar dengan salah  seorang kakak atau adik


92
Orang tua terlalu menentukan apa yang harus saya lakukan


93
Merasa tidak dipercaya oleh orang tua


94
Sering terjadi pertentangan pendapat antara saya dengan orang tua


95
Kadang-kadang berbicara hal-hal yang tidak pantas/ tidak sopan pada orang tua


96
Kadang-kadang saya merasa ingin kabur dari rumah


97
Malas berbicara pada orang tua


98
Tidak merasa bahwa sekolah ini benar-benar bermanfaat bagi saya


99
Tidak tahu apa yang sebenarnya saya inginkan


100
Beberapa rencana saya tidak disetujui oleh orang tua/ keluarga


101
Kurang mampu mengeluarkan pendapat


102
Masih merasa takut berbicara di depan kelas/ pada diskusi-diskusi


103
Sering malas belajar


104
Merasa lemah daya ingat


105
Merasa lambat dalam membaca


106
Merasa takut menghadapi ulangan atau ujian


107
Merasa tidak mampu pada beberapa mata pelajaran


108
Saya ingin keluar atau pindah dari sekolah ini


109
Tidak mempunyai tempat belajar sendiri di rumah


110
Keluarga kurang memahami apa yang harus saya kerjakan di sekolah


111
Pelajaran yang saya inginkan tidak diajarkan di sekolah ini


112
Merasa terpaksa mengikuti pelajaran yang tidak saya minati


113
Sering merasa tidak betah di dalam kelas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar